AXE House • Detail | Article

Tren Rambut Undercut untuk Gaya yang Lebih Solid

Namanya juga cowok, modal utama buat makeover apalagi kalau bukan rambut. Gaya rambut keren berawal dari cara kita memilih potongan rambut yang cocok. Nah, pertanyaannya adalah, yakin lo udah berkomunikasi dengan barber lo dengan tepat? Jangan-jangan selama ini lo cuma nunjukin foto gaya rambut pemain bola atau seleb ke barber lo. Atau yang lebih parah, langganan ngeluarin template kalimat ‘pangkas bawahnya dan biarin bagian atasnya’. Waduh!
 
Supaya nggak malu-maluin dan juga biar lo kelihatan jago di depan barber langganan, kali ini AXE mau jelasin soal salah satu gaya rambut cowok yang populer. Namanya undercut.
 
Merasa familiar dengan istilah ini? Pastinya! Gaya rambut undercut populer banget, saking ngetrennya, banyak banget variasi model yang bisa dihasilkan dari gaya rambut ini.
 
Apa itu undercut?
 

Gaya rambut undercut ternyata sudah dikenal sejak tahun 1920-an. Kalau lo merasa baru ngeh sama gaya rambut ini beberapa tahun belakangan, lo nggak salah juga. Soalnya gaya rambut undercut di Indonesia baru kembali booming dan menjadi standar gaya rambut pendek cowok di mana-mana. Hal ini juga diakui Fatsi Anzani, salah satu pendiri CHIEF Barbershop.




”60% cowok nggak percaya diri kalau punya poni, tapi gaya rambut ini tetap ngetren dengan angka pertumbuhan 1% di awal tahun dan sekarang sudah mencapai 7%. Menurut kami ini cukup signifikan, ” pungkasnya.
 
Menurut Fatsi, butuh kurang lebih setahun untuk terjadi pergeseran tren hingga akhirnya tampilan modern lebih digemari dibandingkan gaya rambut klasik.
 
“Saat ini konsumen merasa nggak percaya diri kalau punya rambut yang lebih panjang dari telinga. Misalnya nih, saat ditanya mau gaya rambut apa, mereka bilang ‘Gue mau rambut kanan kiri gue pendek. Atasnya terserah diapain, yang penting nggak klimis’. Dari situ kita lihat kalau ada pergeseran tren rambut dari gaya klasik ke modern yang terlihat lebih simpel dan natural,” jelasnya.
 
Karakteristik gaya rambut undercut adalah bagian samping dan belakang rambut dibuat lebih pendek dengan ukuran panjang yang bervariasi. Banyak yang beranggapan bahwa rambut undercut hanyalah satu gaya rambut yang ‘bawahnya diabisin, atasnya dirapiin’. Justru sebaliknya, undercut bisa dianggap sebagai aksen yang bisa diaplikasikan ke berbagai gaya rambut, mulai dari gaya rambut belah tengah, slick back, comb over, atau bahkan pompadour.
 
Tanpa banyak basa-basi, simak variasi gaya rambut undercut yang keren rekomendasi AXE!
 
7 Variasi gaya rambut undercut untuk tampilan modern
 

Gaya rambut undercut di Indonesia dikenal dengan banyak nama, mulai dari French crop, crop cut, atau Caesar cut. Namun Fatsi dan rekan-rekan barber-nya menyebutnya dengan blunt fringe. Gaya rambut ini diprediksi akan menjadi tren tahun ini.



[FOTO 1] French crop undercut untuk gaya yang lebih edgy. (Foto: Dvora)
 
Lagi cari gaya rambut undercut pendek? Berarti lo wajib coba gaya ini, apalagi kalau rambut lo lurus. Biar bentuknya lebih keren, tambahkan aksen taper atau fade.



​[FOTO 2] French crop pada rambut keriting Nick Jonas keren juga kok! (Foto: REX by Shutterstock)
 
Rambut lo keriting? Nggak masalah! Lo bisa juga tiru gaya rambutnya Nick Jonas. Pakai AXE High Hold Matte Wax supaya rambut lebih bertekstur saat ditata. Ini bisa jadi solusi untuk rambut tipis supaya rambut lo nggak kelihatan kempes.


 
[FOTO 3] Kuncinya ada pada aksen quiff atau volume di bagian depan. (Foto: Dvora)
 
Nah, gaya ini pas banget untuk lo yang suka tampil dapper dan rapi.


 
[FOTO 4] Gaya slick back untuk tampilan yang lebih rapi. (Foto: Hariono Halim)
 
Untuk bikin gaya rambut undercut slick back yang maksimal, lo bisa jadikan aksen fade sebagai kunci. Pakai AXE Perfect Control Pomade atau AXE Slick Back Shine Gel supaya bentuk rambut lo lebih tegas dan tahan lama.
 


[FOTO 5] Model rambut mohawk undercut. (Foto: Shutterstock)
 
Variasi undercut rekomendasi AXE selanjutnya adalah yang diterapkan pada gaya mohawk. Untuk dapetin tampilan yang lebih modern, tambahkan aksen undercut dengan mencukur habis sekeliling kepala dan menyisakan bagian atas rambut dengan panjang secukupnya.


 
[FOTO 6] Aksen undercut pada gaya rambut faux hawk. (Foto: Hariono Halim)
 
Lo juga bisa mencoba gaya faux hawk yang nggak kalah keren. Supaya rambut bagian atas bisa berdiri awet, coba deh pakai AXE Extreme Hold Gel. Gel rambut ini bisa banget diandalkan untuk model rambut spike atau faux hawk.


 
[FOTO 7] Pemberian aksen garis bisa di salah satu atau kedua sisi. (Foto: Shutterstock)
 
Kepengin gaya yang lebih kekinian lagi? Lo bisa bereksperimen dengan menambahkan aksen garis di salah satu sisi rambut atau keduanya. Coba ngobrol aja sama barber langganan lo gimana asiknya.
 
Itu dia 7 ide gaya rambut undercut yang bisa lo jadikan referensi gaya selanjutnya. Gaya apapun yang dipilih, pastikan benar-benar sesuai dengan kepribadian dan aktivitas lo ya!

Loading…