AXE House • Detail | Article

Tips Hidup Sehat untuk Newbie a la Max Mandias (Burgreens)

Hidup sehat itu bukan sebatas makan sehat setiap hari. Menurut Max, kehidupan sehat adalah tentang keseimbangan dari sebuah kombinasi. Lo butuh perpaduan nutrisi, movement (olahraga), dan mindfulness. Untuk mendapatkan mindfulness, lo bisa mulai dengan melakukan hal-hal yang bikin lo happy. Ada juga yang memulainya dengan cara meditasi. Intinya, pastikan aja kehidupan lo seimbang dan proporsional. Dengan sendirinya lo juga akan merasa lebih dan percaya diri.
 
Changing lifestyle could be challenging dan nggak mudah untuk dilakukan, apalagi kalau lo dapet banyak pengaruh dari luar. Ketika lo bisa set motivasi yang kuat banget untuk mulainya, lo nggak akan terpengaruh untuk ke ‘sisi gelap’,” jelas Max.
 
Setuju banget! Motivasi dan target itu perlu dan penting. Pastikan keduanya terukur dan sesuai sama kemampuan lo sendiri. Jangan terlalu ambisius, tapi juga jangan kasih kendor. 
 
Namanya juga ganti gaya hidup, ya nggak mungkin bisa instan. Coba aja mulai dengan hal-hal kecil, seperti makan sayur dan buah lebih banyak. Setelah itu lo juga bisa juga coba gabung sama komunitas olahraga biar semangat untuk lebih banyak gerak. Di bagian mindfulness, lo bisa coba dengan break dari sosial media. Dari yang biasanya 4-5 jam sehari, coba kurangin menjadi 1-2 jam. Perubahannya nggak harus selalu ekstrem kok!



Set your goal
 
Kalau udah ngomongin komitmen hidup sehat, rasanya mustahil kalau kita nggak punya motivasi yang jelas. Hal-hal sesederhana kepengin punya perut six packs bisa jadi motivasi awal lo untuk ganti pola makan. Tapi biasanya nih, motivasi ‘musiman’ kayak gini suka kalah sama godaan di sekitar lo. Terus caranya gimana? Menurut Max, lo harus punya motivasi yang benar-benar kuat untuk mulai.
 
Set your goal to be more inspiring. Kalau lo cuma targetin berat badan turun 5 kg, (menurut gue) itu kurang inspiring. You need to set a big goal, so we know that we want it so much.” jawab Max.
 
Dengan punya tujuan besar, selanjutnya lo bakal gampang menyusun strategi yang disesuaikan dengan kemampuan lo untuk mewujudkannya. Jadi lo nggak perlu khawatir dan udah siap seandainya ada temen lo yang komentar “Eh kok lo sekarang picky banget soal makanan,” atau “Kok lo makannya sok sehat banget?”. 
 
Sebagai contekan, Max kasih dua goal besar yang bisa lo jadikan motivasi awal untuk hidup lebih sehat.
 
I want to be in my best shape.
 
Coba deh ganti motivasi lo yang tadinya cuma sebatas timbangan, jadi “I want to look myself in the mirror and feel really really good about myself.” Jangan lagi fokus untuk mindahin jarum timbangan ke kiri, tapi fokus sama hasil yang terlihat di cermin. Kalau lo belum merasa bahagia dengan pantulan di cermin, artinya lo harus berusaha lebih keras lagi.
 
I want to live longer.
 
Kesehatan jangka panjang itu bukan hanya tentang apa yang belum lo lakukan, tapi lebih pada keputusan yang lo ambil hari ini juga. Dengan makan makanan yang sehat, bukan hanya bikin lo stabil secara emosi, tapi juga bisa melindungi lo dari penyakit-penyakit kronis yang membahayakan untuk kesehatan secara jangka panjang.
 
Selain dua goal di atas, ada satu lagi motivasi yaitu kepedulian penuh terhadap lingkungan dan hewan. Ini sekaligus menjadi misi pribadinya Max yang mengajak orang-orang untuk lebih banyak makan sayur dan buah-buahan. Kalau lo merasa belum siap menjadi vegetarian atau vegan, santai aja. Kita nggak akan maksa kalian untuk meninggalkan asupan hewani secara penuh kok! Tapi jangan lupa untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan hewan juga. 
 
Good luck!
 

Loading…