AXE House • Detail | Article

Saatnya Asah Kemampuan Lo Saat Liburan

Holiday is finally here! Mungkin beberapa dari lo bakal jalan-jalan ke luar kota ataupun luar negeri, tapi coba sesuatu yang berbeda deh tahun ini, lo bisa manfaatkan waktu liburan lo dengan menambah skill yang mau lo kuasai atau meningkatkan kemampuan lo yang sudah ada. Ada banyak kelas dan workshop yang edukatif tapi tetap fun, dan yang paling penting berguna untuk nambah skill lo.
 
Berikut adalah beberapa workshop dan kelas singkat yang bisa lo ikuti selama liburan yang juga enggak terlalu panjang ini, supaya bagi lo yang enggak ada rencana kemana-mana juga enggak boring and do nothing di rumah dan dapat manfaat yang ada gunanya untuk diri lo sendiri.
 
1. Indoestri Makerspace Workshops 


 
Indoestri Makerspace adalah tempat dimana orang-orang dengan semangat entrepreneur bisa belajar membuat barang-barang kerajinan tangan atau handcrafted goods. Di sini ada macam-macam kelas dan workshop yang bisa diikuti dalam satu hari. Enggak cuma lo bisa buat barang-barang yang lo hasilin sendiri, di Indoestri juga mengedepankan cara berpikir dalam bisnis dan menghargai proses dalam suatu craftmanship.
 
Ada kelas pembuatan produk dengan kombinasi bahan kulit, woodworking, metalworking, bahkan yang unik seperti kelas membuat jamu, kaligrafi, sampai buat kebun tanaman obat. Fee setiap kelas beragam mulai dari Rp650.000 – Rp3.500.000, dan lo enggak akan menyesal dan pastinya akan bangga banget karena bisa buat sesuatu dengan tangan sendiri. Dan selain handcrafting skill lo yang bertambah, lo juga akan tau gimana caranya menjual dan memperkenalkan produk lo ke publik.
 
2. Surf Courses 


 
Punya ketertarikan dengan surfing dan ingin belajar surfing? Mungkin sudah saatnya di waktu liburan ini, lo salurkan keinginan itu dengan belajar di kursus-kursus surfing yang pada umumya ada di daerah-daerah pesisir di Indonesia.
 
Memang kursus surfing kebanyakan lokasinya ada di Bali, cuma ada juga beberapa kursus surfing yang relatif dekat dari Jakarta ataupun Bandung seperti Surfing Republic di Pelabuhan Ratu. Terus, bagi lo yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya di daerah Pacitan banyak kursus surfing yang ada di daerah yang udah jadi salah satu surfing spot populer di Indonesia.
 
3. Diving Lessons  


 
Masih berhubungan dengan laut, kalau lo selalu punya minat belajar diving untuk menikmati keindahan alam bawah laut, mungkin liburan ini adalah waktu yang pas buat belajar dan tingkatkan kemampuan tersebut dalam waktu singkat. Kursus diving rata-rata bisa diselesaikan hanya dalam dua hari.
 
Untuk kursus diving enggak cuma ada di tempat-tempat pinggir laut, seperti di Bali atau Lombok. Banyak kota-kota yang enggak terletak di pesisir juga punya kursus diving. Contohnya Bubbles Dive Center dan ODY Dive Center di Jakarta, Sekolah Diving Bandung, Scuba Diving Surabaya, Sentra Selam Jogja dan masih banyak pilihan lainnya di kota yang lo singgahi sekarang. Punya skill diving juga bisa bantu lo tingkatin kemampuan yang lain, seperti underwater photography.
 
4. SAE Institute Short Courses 


 
SAE Institute adalah lembaga pendidikan yang konsentrasi ilmunya adalah tentang media kreatif seperti film, music production dan animation. Kursus pendek seperti music production dan film production hanya membutuhkan waktu 4 - 6 minggu untuk diselesaikan, dengan durasi pertemuan 3 jam yang terbagi dalam dua sesi/minggu.
 
So, buat kalian yang penasaran atau ingin punya dan ningkatin kemampuan di bidang-bidang kreatif ini selama liburan, lo bisa belajar dalam waktu yang relatif enggak terlalu lama di SAE Institute Jakarta dengan harga 5 juta untuk music production dan 6,5 juta untuk film production.
 
5. Photography Courses 


 
Sudah mulai coba-coba fotografi dan mau punya skill yang lebih? Mungkin untuk mengisi liburan, lo bisa daftar ke kursus fotografi yang durasi rata-ratanya cuma satu bulan dengan pertemuan 2 - 3 kali seminggu. Di beberapa tempat juga ada kelas weekend dan kelas malam yang bisa disesuain sama jadwal lo.
 
Materinya pun beragam mulai dari basic, intermediate, sampai pro photography skills. Bagi kalian yang pengen bisa Photoshop pun ada juga Photoshop course. Beberapa tempat kursus fotografi adalah The Class by Nicoline Patricia Malina, Darwis Triadi School of Photography, Jakarta School of Photography atau Indonesia School of Photography di Malang.
 
6. Writing Courses 


 
Kalau lo mau bisa punya tulisan yang bagus dan keren, mungkin lo bisa tingkatin kemampuan nulis lo dengan ikut kelas menulis dari beberapa lembaga dan pengajar yang udah expert di bidang menulis.
 
Untuk yang tertarik ke arah penulisan jurnalistik, lo bisa ikut kelas menulis di Tempo Institute. Ada kelas penulisan feature, opini, penulisan berita, bahkan fiksi yang dipandu oleh penulis terkenal, Leila S. Chudori.  Lalu, untuk lo yang lebih suka penulisan sastra dan kreatif kayak cerpen dan novel, Komunitas Salihara punya Kelas Menulis dan Berpikir Kreatif, yang lagi-lagi dipandu sama penulis Indonesia terkenal, Ayu Utami.
 
Dengan lo tahu beberapa tempat diatas yang bisa lo datengin kapan aja, sudah waktunya untuk isi liburan lo dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk nambah kemampuan dan skill yang keren.

Loading…