AXE House • Detail | Article

Perawatan Wajah Pria untuk Segala Kondisi

Mendengar kata ‘perawatan wajah pria’ pasti langsung terbayang langkah-langkah yang merepotkan. Nggak sedikit juga cowok-cowok yang ‘anti’ dengan istilah skincare. Padahal, perawatan wajah itu bukan cuma urusan cewek. Peduli sama kesehatan kulit nggak otomatis bikin lo kehilangan maskulinitas. Enggak perlu insecure gitu bro, merawat kulit bukan berarti lo kurang manly loh.
 
Buat lo yang belum terbiasa dengan perawatan wajah, cuci muka pakai sabun saja mungkin udah terasa cukup. Padahal, ada hal lain yang sebaiknya mulai lo pertimbangkan untuk dilakukan. Tenang, kita nggak akan nyuruh lo untuk rutin facial atau ke dokter kulit. Kalau memang kondisi kulit lo baik-baik saja, perawatan wajah di rumah udah cukup kok.
 
Perawatan wajah pria; harus mulai dari mana?
 
Ada tiga hal dasar dalam melakukan perawatan wajah: membersihkan (cleanse), melembapkan (moisturize), dan melindungi (protect). Tiga hal ini idealnya dilakukan setiap hari supaya kulit muka lo nggak cuma bersih, tapi juga sehat.
 
Biar nggak bingung, simak nih produk-produk perawatan wajah apa saja yang harus ditambahkan dalam daftar belanjaan lo nanti.
 
1. Sabun cuci muka khusus cowok.
 
Beberapa cowok mungkin menganggap bahwa fungsi semua sabun itu sama. Bahan-bahan yang terkandung di dalam sabun mandi memang diciptakan untuk membersihkan secara menyeluruh. Makanya, cuci muka pakai sabun mandi bisa bikin kulit muka lo kering. Soalnya minyak-minyak alami yang dibutuhkan kulit muka juga bisa ikut terbilas bersama kotoran. Nggak cuma itu, kulit muka juga bisa mengalami dehidrasi yang bisa jadi cikal bakal jerawat.
 
Nah, rangkaian face wash keluaran AXE bisa lo jadikan solusi. Ada empat produk perawatan wajah yang bisa lo sesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan kulit.
 
AXE Deep Clean Black Foam
 
Cocok untuk lo yang memiliki kulit berminyak. Di dalamnya terdapat dua bahan ampuh, yaitu activated charcoal & kaolin clay yang bisa mengontrol minyak hingga 8 jam.
 
AXE Ice Chill Gel Foam
 
Ini juga bisa diandalkan sebagai produk perawatan wajah berminyak. Sabun ini mengandung iced mint dan menthol yang bisa memberikan sensasi dingin dan segar setelah cuci muka. Ampuh lawan minyak hingga 8 jam!
 
AXE Acne Protect Pure Foam
 
Dari namanya lo bisa tahu dong kalau sabun ini diformulasikan khusus sebagai produk perawatan wajah berjerawat. Mengandung tea tree dan salicylic acid, formulanya ampuh kalahin jerawat hanya dalam 3 hari!
 
AXE White+ Polished Scrub
 
Terakhir, sabun muka andalan cowok-cowok yang sering beraktivitas di outdoor. Tahu sendiri kan kalau polusi dan debu bisa bikin muka kusam. Nah, sabun scrub ini diformulasikan dengan crushed walnut shells & eucalyptus yang bisa mengangkat sel kulit mati dan bikin kulit muka cerah seketika.
 
 
2. Moisturizer itu wajib.
 
Di awal tadi udah kita bahas kalau cuci muka nggak cuma bisa membersihkan debu dan kotoran, tapi juga meluruhkan minyak alami yang dibutuhkan kulit wajah. Solusi biar muka lo nggak kering ya dengan pakai pelembap atau moisturizer.
 
Jangan asal pilih pelembab. Kalau kulit lo normal atau cenderung kering, pakai moisturizer berbahan dasar minyak (oil-based), atau dikenal juga dengan nama lotion. Sementara untuk kulit berminyak, pilih produk yang water-based biar kulit lo nggak tambah berminyak dan jerawatan. Supaya gampang, cari saja produk dengan kata-kata ‘aqua’ di dalamnya.
 
 
3. Lindungi dengan sunscreen.
 
Tinggal di negara tropis dengan paparan sinar matahari yang intens, udah cukup jadi alasan untuk lo pakai sunscreen. Seberapa sering harus pakai sunscreen? Jawabannya: setiap hari.
 
Meskipun ke mana-mana lo naik mobil atau beraktivitas di dalam ruangan, pasti ada momen di mana lo terpapar sinar matahari. Ini bukan soal takut hitam, tapi sinar UV bisa berefek buruk dan menyebabkan berbagai masalah kulit, mulai dari keriput, flek hitam, sampai kanker kulit!
 
Untuk sehari-hari, pilih sunscreen yang minimal mengandung SPF 15. Asumsinya begini, kalau kulit lo mulai terlihat merah-merah terbakar matahari setelah 10 menit berada di outdoor, maka SPF 15 bisa melindungi lo selama 150 menit sebelum akhirnya kulit lo mulai terasa terbakar. Semakin tinggi SPF, semakin tinggi pula waktu perlindungan yang diberikan. Jadi inget ya, jangan cuma pakai sunscreen pas lagi mau berenang atau ke pantai saja.
 
Gimana, terbukti kan kalau perawatan wajah untuk cowok nggak harus seribet cewek?  Nggak apa-apa baby step, yang penting konsisten. Pastiin juga kalau lo pakai sabun muka khusus untuk cowok yang sesuai dengan kebutuhan kulit lo. Percaya deh, dengan melakukan 3 langkah ini secara konsisten, dalam kurun waktu satu bulan lo akan lihat perbedaannya! ​

Loading…