AXE House • Detail | Article

Pamer Karya Lewat Social Media, Smart!

Sudah nggak jamannya lagi berharap ketenaran hanya dengan berbekal aksi dari panggung ke panggung. Di jaman yang serba instan ini, Lo juga harus kreatif dalam menawarkan musik orisinil buatan lo sendiri, nggak hanya ke teman-teman tapi seluruh penggemar musik di seluruh dunia.

Memangnya bisa? Ini jamanya internet, Bro. Hanya dengan bantuan layar komputer, keyboard, dan mouse bisa bikin lo terbang kemana saja, membagikan karya musik kepada dunia. Kalau memang lagunya menarik, kenapa nggak sekalian dipopulerkan saja? Iya nggak?

Nah, karena YouTube sudah sangat susah untuk dibuat saingan, mengingat ada jutaan penyanyi, dari pemula hingga Diva berkumpul di sini, ada beberapa media sosial lainnya yang bisa digunakan untuk sarana promosi lagu, antara lain:

MySpace
MySpace mungkin memang pernah mati, tapi kemudian dia bangkit lagi. Berkat bantuan Justin Timberlake, MySpace yang baru semakin menjanjikan dalam mempopulerkan lagu seseorang. Lo bisa mengambil inspirasi dari band-band kelas dunia yang nggak malu-malu dalam berbagi musik mereka di MySpace dan akhirnya menjadi terkenal. Sebut saja Arctic Monkeys, Colbie Caillat, hingga Taylor Swift.

Soundcloud
Di sini, penggemar dan pencipta musik berbaur menjadi satu. Para pencipta musik akan mengunggah karya mereka dan penikmat musik mengomentari setiap bagian dari lagu yang membuat mereka tertarik. Nggak susah untuk menjadi populer bareng Soundcloud. Tinggal daftar dan upload karya lo. Bagikan ke teman-teman via media sosial lainnya biar mereka ikut andil untuk membuat lo terkenal.

Video Instagram
Karena sekarang Instagram punya fitur untuk memutar video, kenapa nggak dimanfaatkan saja buat memperkenalkan lagu terbaik lo? Minta bantuan teman buat menekan tombol Rekam di Instagram sementara lo beraksi dengan iringan gitar.

Yang perlu lo ingat, untuk menjadi terkenal harus ada usaha. Jadi lo nggak bisa sekali-sekali saja upload lagu atau video klip di Instagram. Unggah hasil karya secara berkala seminggu sekali atau dua kali gitu, Bro. Biarkan seluruh dunia tahu bahwa lagu-lagu lo memang pantas didengarkan oleh mereka.

Satu lagi, jangan anti-kritik, Bro. Mungkin ada penggemar yang ingin membangun lo dengan kritik yang melegakan hati. Tapi ada banyak pula pendengar yang mungkin terlalu pedas, sepedas cabe rawit. Selalu ingat untuk tetap kalem. Bagaimanapun, mereka telah bersedia meluangkan waktu untuk mendengarkan karya lo. Sebaik atau seburuk apapun kritik tersebut, ambil sisi positifnya dan pakai sebagai batu pijakan untuk menelurkan lagu dengan kualitas yang lebih baik lagi.
Jangan menyerah dan terus berkarya, Bro.

Loading…