AXE House • Detail | Article

Ketahui dan Mulai Bangun Passion Lo

Pernah ngerasa clueless saat orang-orang sekitar lo lagi ngomongin soal passion? Apalagi kalau melihat kebanyakan orang sudah menjalani pekerjaan yang diakui sesuai sama passion mereka? Pernah berpikir bagaimana cara mereka menemukan passion yang menurut lo susah banget untuk digali?
Well, your passion is always within you. Penting banget untuk tahu passion lo sendiri, seperti kata Benjamin Desraeli – Perdana Menteri Inggris pada Abad 19 – bahwa “seseorang hanya hebat ketika dia beraksi berdasarkan passion-nya.” Jadi buat lo yang sampai sekarang belum bisa menentukan apa passion lo sebenarnya, here are a few tips:
 

1. Kunjungi Kembali Masa Kecil Lo
 



Hal ini penting untuk kembali kepada diri lo sendiri. Coba inget-inget kegiatan apa yang lo suka saat kecil. Misalkan, seorang arsitek ternama di Amerika, Frank Lloyd Wright, selalu bermain dengan balok kayu saat dia masih kecil. Pekerjaannya sekarang bermula dari hal tersebut. Coba tanya sama diri lo sendiri: Apa yang lo suka saat kecil dulu? Apa yang bisa lo bawa dan kembangkan sekarang? Bagaimana hal tersebut bisa membantu membentuk karir lo sekarang? This will helps you discover the interest you have had since childhood; try it out!
 

2. Buat “Creativity Board”


Nah, membuat creativity board akan membantu lo untuk be on track. Simpel dan mudah, lo hanya perlu memulai dengan membuat poster yang bisa dipajang, tulis “What I Am Going To Do” sebagai judul kemudian tempel hal-hal yang berkaitan dengan interest lo, mulai dari kutipan, foto, artikel, puisi, atau inspirasi-inspirasi lain. Dengan memenuhi lingkungan sekitarmu dengan gambaran dari tujuan; panutan; atau apa yang ingin lo lakukan, passion lo akan terlihat dan tumbuh seiring waktu.


3. Terinspirasilah
 


 
Pelajari orang-orang yang sukses di dalam bidang yang ingin banget lo garap. Cari sosok yang bener-bener nyangkut sama lo dan bisa lo contoh dan jadikan panutan serta patokan. Pelajari sosok tersebut sampai lo tau hal-hal penting yang bisa membawa orang tersebut ke posisi dia sekarang. Hal ini akan membantu lo mengetahui benchmark yang sesuai dengan ketertarikan lo.


4. Start Doing What You Love!
 


 
Lo enggak harus punya rencana yang matang, lo hanya perlu keberanian. Berani untuk melakukan hal yang lo suka. Coba explore kegiatan tersebut supaya lo tahu rasanya; minta feedback dengan orang sekitar lo dan coba terus untuk kembangkan. As time passes, lo akan bisa menjalankan pekerjaan yang sesuai dengan passion lo ini dengan diikuti rencana matang nantinya.


5. Jangan Terlalu Banyak Berpikir Tentang Bisnis
 


 
Beberapa dari lo mungkin berawal dengan pikiran bahwa gimana caranya passion lo bisa dibisniskan atau menghasilkan. Nah, supaya lo bisa gali passion lo yang sebenernya, coba memulai tanpa memikirkan bisnis dulu. Just do what you love. Explore sejauh mungkin, jangan terpaku pada hanya satu hal. Balik lagi ke poin sebelumnya, lo enggak harus punya rencana yang matang. Let’s just go with the flow! Kesempatan banyak bergantung, lo hanya perlu petik yang paling sesuai dengan passion lo.
 
Tentunya 5 hal di atas adalah sebagian kecil dari banyaknya hal yang bisa lo lakukan untuk tahu apa passion lo yang sebenarnya. Enggak perlu ragu untuk coba tips-tips diatas dan selalu ingat untuk gali terus passion lo, sudah waktunya keluar dari kejenuhan rutinitas lo sekarang juga. Semoga awal tahun depan lo udah bisa mulai menemukan dan menggali passion lo, good luck!

Loading…