AXE House • Detail | Article

Joey Alexander, Sang Music Prodigy

Josiah Alexander Sila, atau Joey Alexander, adalah pianis yang kini genap berusia 16 tahun. Reputasinya sudah masuk tingkat global. Karena itu, lo pun sebaiknya tahu tahun-tahun terpenting dari perjalanan Joey menjadi prodigy di bidang musik.
 
2003: Joey Lahir
Joey lahir di Denpasar, Bali. Ayahnya, Denny Sila, merupakan musisi amatir yang memberikannya pengaruh musik. Di umur sembilan tahun, Joey telah memenangkan penghargaan Grand Prix di 2013 Master-Jam Fest, kompetisi jazz di Odessa, Ukraina. Keren ya?
 
2014: Life Changing Moment
Link video: https://www.youtube.com/watch?v=W2bUPjG-Vno

Pemain trompet jazz kawakan Wynton Marsalis, Direktur Artistik untuk Jazz di Lincoln Center, menemukan video Joey di YouTube. Terpukau oleh performa Joey, ia mengundangnya untuk tampil. Momen inilah yang kemudian menjadi debut panggung Joey di Amerika.
 
2015: Album Debut
Link video: https://www.youtube.com/watch?v=3pzIlq7jZzw

Motéma Music menjadi label yang menaungi album pertama Joey yang bertajuk “My Favorite Things”. Meski saat itu Joey masih berusia 11 tahun, Joey yang mengaransemen seluruh lagu di albumnya sendiri!
 
2016: Nominasi Grammy Awards

Berusia muda, tapi sudah go international. (Sumber Foto: facebook.com/JoeyAlexanderMusic)

Popularitas Joey semakin mendunia saat menjadi runner-up untuk nominasi Grammy Awards Best Jazz Instrumental Album untuk album “My Favorite Things”. Di tahun yang sama, Joey merilis album keduanya, “Countdown” yang melibatkan banyak musisi dunia seperti Dan Chmielinski dan pemain saxophone Chris Potter.
 
2018: AMI Awards 2018
Nama Joey tentu melambung juga di Tanah Air. Ia berhasil menyabet AMI Awards 2018 lewat kategori Artis Jazz Instrumentalia Terbaik, dari karyanya “Moments Notice”. Ia berhasil mengungguli musisi senior seperti Barry Likumahuwa, Indra Lesmana, dan Krakatau Reunion.
 
Di luar tahun-tahun ini, Joey tidak pernah sepi prestasi. Ia pun menjadi musisi pertama asal Indonesia yang pernah masuk ke jajaran tangga Billboard 200, dan sempat berada di urutan 59. Goks nggak tuh?
 

Loading…