AXE House • Detail | Article

Interview Sub - #CowoKelas

Interview dengan Chef Kelas - Martin Natadipraja
Kalau lo udah kenal dengan karakter Arifin Putra sebagai #CowoKelas, sekarang kita akan ngajak lo untuk tahu lebih dalam tentang sosok cowo lainnya yang juga punya karakter kelas. Dia adalah seorang chef ternama sekaligus fashion enthusiast yang memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan sekitar. On board with us; Martin Natadipraja.
 
Martin dikenal sebagai cowok kelas bukan hanya karena pekerjaannya, tetapi juga karena karakter yang ia bawa setiap harinya. Being a chef doesn’t make him less fashionable, karena Martin juga identik dengan gaya yang keren serta cocok jadi trendsetter. Enggak hanya itu, Martin sekarang juga sedang menjalankan bisnis di bidang Food & Beverages - Monarchy Bistro dan Yelo Eatery di kota Bogor.
 
Kita udah tanya banyak hal untuk mengenal Martin lebih dalam terutama mengenai passion yang sudah ia jalankan. Scroll down for our exclusive interview with Martin Natadipraja.
 


Q.     Hi Martin, buat lo pribadi, apa itu passion dan bagaimana cara lo menemukan passion lo?
Answer:
Halo, menurut gue, passion itu timbul dalam diri kita sendiri. Passion adalah minat dan bakat seseorang. Cara gue menemukan passion gue sendiri yaitu dengan menyadari kecintaan gue terhadap pekerjaan atau kegiatan yang gue jalanin, tentunya didukung dengan kerja keras, disiplin dan tanggung jawab.
 
 
Q.     Bicara tentang passion, saat ini lo sedang menjalankan passion lo sebagai seorang chef. But being in the kitchen is always intense, lots of pressure and heat. Gimana caranya lo bisa tetap fokus dan selalu maksimal?
Answer:
Tentunya dengan memastikan bahwa diri gue udah melakukan dan mempersiapkan segala hal sebaik mungkin. Percaya dengan kemampuan tim di kitchen dan tidak menutup diri terhadap saran atau kritik dari orang lain. Last but not least, melakukan evaluasi hasil kerja gue setiap harinya juga enggak boleh dilewatkan.
 
 
Q.     Selain menjadi chef ternama, what’s your other passion?
Answer:
Passion gue selain menjadi chef adalah traveling. Traveling menurut gue adalah salah satu cara    yang ampuh untuk mencari inspirasi baru dan gue bisa mengambil pelajaran dari tiap perjalanan yang gue lalui.
 
 
Q.     Dalam menjalani passion lo sekarang, apakah rintangan yang paling berat untuk lo lewatin and how did you come through?
Answer:
Rintangan terberat dalam hidup gue adalah ketika gue menjalani bisnis F&B ini. Punya dan sekaligus membangun Monarchy Bistro dan Yelo Eatery adalah sebuah blessing sekaligus tantangan hidup yang luar biasa. Rintangan yang paling berat itu menjaga dan mempertahankannya. Setiap hari, gue selalu nemuin threat yang berbeda-beda, mulai dari masalah internal sampai eksternal seperti customer dan client, dan gue harus selalu cari solusi buat setiap ancaman tersebut.
 
I came through all of this, yaa, dengan cara gak putus asa; mau coba dan coba lagi dan mau terus bangkit. Itu kuncinya, karena kita enggak akan pernah dikasih jalan yang lurus terus.
 
 
Q.     Ok so, what’s your signature dishes dan mana yang the most favorite of it all?
Answer:
Gue punya beberapa signature dishes termasuk Hamburg on Butter Rice; Slow Cooked Beef Ribs with Pomme Puree Sweet Potato; Pizzas, tapi yang paling favorite buat gue pribadi adalah Seared Salmon, Cripsy Parmesan cheese with Barley Risotto.
 

 
Q.     Seorang Martin Natadipraja juga dikenal sebagai fashion enthusiast. Apakah fashion punya peran tersendiri untuk seorang chef seperti lo?
Answer:
Buat gue, fashion itu menjadi salah satu cara untuk mempresentasikan diri gue di depan client, atau di hadapan siapa saja. Dan menurut gue first impression itu sangat penting. Makanya gue cukup turun tangan jadi diri gue sendiri dan memperhatikan gaya berpakaian.
 
 
Q.     Digging more into your fashion; menurut lo, apakah aksesoris pria itu esensial?
Answer:
Yes it is, aksesoris dapat memberikan kesan yang sangat berbeda ketika kita memakainya, terutama untuk cowok. Contoh paling simplenya adalah jam tangan, topi dan gelang.
 
Q.     As a chef sekaligus fashion enthusiast, menurut lo apa yang menghubungkan kedua hal itu?
Answer:
Mau apapun occasion lo, yang paling penting adalah karakter yang ditonjolkan saat menjalani tiap profesi. Lo harus memiliki karakter yang outstanding and to require that, salah satu hal yang gue cukup perhatikan adalah pembawaan diri dan wangi badan. Your scent represents your character.


 
Q.     Di luar menjalani kegiatan bekerja, style apa yang paling lo suka pakai saat hang out sama temen, saat date dan lagi jalan-jalan sendiri?
Answer:
Untuk hangout dengan temen atau pas ngedate, gue suka dengan style streetwear dan   baju-baju yang nyaman.
 
 

Q.     Gimana cara maintain bentuk tubuh yang ideal, you do sports? Apa olahraga favorit lo?
·         Answer:
Yes, I do sports. Biasanya gue meluangkan waktu untuk menjalani rutinitas gue yaitu nge-gym setiap pagi sebelum beraktifitas. Gue juga selalu coba untuk menjaga pola makan setiap harinya untuk maintain bentuk tubuh yang ideal bagi gue. Selain gym, gue juga suka dengan olahraga Mixed Martial Arts (MMA) dan lari.
 
 
Q.     Oh iya, you mentioned about traveling tadi. Tentunya lo juga pasti suka jalan-jalan ketika liburan. Dimana destinasi liburan lo yang paling ingin lo kunjungin?
·         Answer:
Kalau ada kesempatan untuk liburan, yang jelas gue pengen banget ke Shirakawa, Jepang dan Amsterdam, Belanda. Jepang udah jadi inceran gue untuk liburan di tahun depan. Jauh dari hiruk pikuk seperti Shirakawa bisa jadi tempat gue mencari inspirasi baru, tapi untuk Belanda gue pengen banget balik lagi ke Amsterdam yang menurut gue adalah kota yang paling nge-welcome turis untuk datang.
 
 
Q.     Interesting. Memangnya ambience seperti apa sih yang paling lo suka untuk mendapatkan inspirasi?
·         Answer:
Gue paling suka dengan tempat tempat yang memiliki suasana natural, hangat dan tenang. Mungkin untuk yang paling deket, pantai adalah salah satu tempat favorite gue untuk mendapatkan inspirasi.
 

 
Q.     Let’s dig more into your life. Ada enggak sih momen yang mengubah hidup lo 180 derajat?
Answer:
Of course. Ketika dulu gue masih SMA, gue pernah terkena virus hepatitis A dan itu merubah gue serta mengenalkan gue untuk belajar memasak, karena selama sakit, gue enggak bisa makan sembarangan. Akhirnya nyokap gue yang memasak sendiri makanan gue.
 
Gue mulai belajar dari yang awalnya cuma liat dan penasaran, sampai akhirnya ikut nyokap ke pasar untuk belanja dan bantu-bantu ketika beliau masak. Dari situ, selalu muncul ketertarikan gue untuk masak makanan gue sendiri.
 
Pada saat gue pulih dari virus tersebut, gue tetap menjalani pola hidup sehat dan masak makanan gue sendiri.
 
Nah, di momen itu gue berpikir, “kenapa enggak gue seriusin aja karir gue sebagai chef?” Alhasil, dengan mengumpulkan keberanian, gue ngomong sama orang tua gue untuk sekolah chef. Mereka sama sekali enggak nyangka gue akan serius di bidang ini. It’s funny, karena pada awalnya menjadi seorang professional chef itu hanya sekedar mimpi. Tapi dengan niat dan konsistensi, gue bisa membuat hidup gue jadi seperti sekarang ini; dan yang paling penting, jadi diri gue sendiri.
 
Q.     Hal tersebut juga sudah membuat lo menjadi salah satu role model bagi generasi muda. That being said, apakah ada suatu hal yang harus menjadi perbincangan di kalangan anak muda yang lo rasa kurang banyak diutarakan?
Answer:
Anak muda sekarang harus lebih sering ngobrolin tentang cita-cita mereka, harus mulai belajar survive buat achieve impiannya. Yang penting harus percaya sama potensi yang dimiliki diri sendiri dan fokus buat mengembangkannya.
 
Q.     To wrap things up, kalau lo harus sebutkan satu kata yang menggambarkan hidup lo sekarang, what is it?
Answer:
Blessed!
 
Q.     Last but not least, please share one word or two for the youths?
Answer:
Be original!
 
Our interview session with Martin Natadipraja has been a lot of fun. Cowo yang satu ini benar-benar inspiratif terutama buat lo yang sedang ngejalanin passion lo. Seperti apa yang Martin sampaikan, be yourself and start planning some ways to achieve your dreams. Nah, kalau dulu Martin punya mimpi untuk menjadi seorang professional chef, lo sendiri mau jadi apa nih? Tell us your dreams by dropping by to the comment section below!

Loading…