AXE House • Detail | Article

Buang Kata Resolusi Jauh-Jauh di2017

Satu bulan lagi kita akan menyambut tahun 2017 dan di saat-saat akhir tahun seperti ini, resolusi adalah salah satu kata yang paling sering lo dengar. Semua orang, mulai dari keluarga, teman-teman, pasangan dan bahkan lo sendiri berlomba-lomba untuk menyiapkan resolusi untuk tahun ayam api ini. But one thing for sure, pada umumnya resolusi cuma menjadi resolusi karena tidak direalisasikan.



Jadi daripada repot-repot ngerancang resolusi yang ujung-ujungnya enggak bakal terealisasi, mending mulai ubah mindset lo dengan mengganti kata resolusi menjadi intention. Mungkin dengan tidak memakai resolusi di 2017, lo akan punya niat untuk melakukan sesuatu yang berbeda di dalam hidup lo.
 
Berikut adalah beberapa cara supaya lo bisa buang jauh-jauh kata resolusi di 2017 dan mulai bentuk intention untuk membuat perubahan atau sesuatu yang signifikan dan berpengaruh dalam hidup lo.
 
1. Pilih Satu Niat yang Spesifik dan Realistis 



Think big, start small. Cari intention yang spesifik dan realistis, sesuai kemampuan lo, dan mulailah pelan-pelan. Dengan punya sebuah niat yang demikian, penyelesaiannya akan jauh lebih mudah dan lo akan lebih semangat untuk menyelesaikannya. Siapin satu buku untuk tulis bucket list lo di tahun 2017, dari hal kecil sampai yang besar, saat salah satu task lo tercapai, lo pasti akan merasa lebih puas dan lebih bangga dengan diri sendiri, respect the process.
 
2. Tetapkan Tenggat Waktu Untuk Menyelesaikan Niat 


 
Jangan sampai lo enggak punya tenggat waktu dalam menyelesaikan intentions lo, karena ini salah satu faktor utama kenapa niat atau bahkan resolusi lo yang dahulu enggak pernah terselesaikan. Dengan menetapkan tenggat waktu, resiko menunda-nunda dalam menuntaskan niat lo bisa diminimalisir dan akhirnya niat yang lo kejar bisa terwujud.
 
3. Tetapkan Target Untuk Menyelesaikan Niat 


 
Tetapkan target yang jelas dan terstruktur dalam menyelesaikan niat. Salah satunya adalah tenggat waktu diatas, tapi ada hal-hal lain yang juga perlu dijadikan target dalam menyelesaikan niat. Seperti apa yang ingin diubah dan dirasakan dalam kehidupan lo setelah niat itu terlaksana, atau efek apa yang ingin lo berikan kepada orang-orang di sekitar lo dengan menyelesaikan intention lo. Target juga salah satu penentu yang membuat lo berhasil menjalankan niat lo sepenuhnya.
 
4. Beri Tahu Keluarga dan Orang-Orang Terdekat 


 
Build your support system. Kasih tahu niat dan target lo kepada keluarga, teman-teman, pasangan dan orang-orang lain di sekitar lo. Dengan mereka tahu, secara langsung ataupun tidak, mereka akan bantu menyemangati lo supaya niat yang lagi dijalankan bisa terlaksana dengan baik, enggak mandek di tengah jalan dan sesuai dengan target yang sudah lo buat.
 
5. Antisipasi Hambatan dan Masalah yang Menghalangi 


 
Lihat hal-hal apa saja yang bisa menghalangi jalan lo menuju ke target dalam menyelesaikan niat. Baik hambatan dan masalah dari dalam diri sendiri, maupun faktor eksternal. Seperti rasa malas, mudah putus asa, ataupun pengaruh-pengaruh negatif dari lingkungan dan pergaulan yang membuat lo berhenti di tengah jalan untuk merampungkan niat lo.
 
6. Jangan Takut untuk Gagal 


 
Failure is a part of the process to complete your intention. Jangan takut untuk gagal, walaupun mungkin dalam satu titik, lo bisa aja gagal melaksanakan niat lo di tengah-tengah perjalanan. Meskipun begitu, satu hal yang perlu diingat, jangan putus asa dan bangun niat itu lagi dari awal sampai target yang lo mau tercapai, karena kegagalan itu hal yang lumrah dalam proses mencapai target.
 
7. Berikan Penghargaan Pada Diri Sendiri 


 
Jika lo berhasil menyelesaikan niat sesuai target dan tenggat waktu, berikan penghargaan atau reward untuk diri lo sendiri. Hadiahi diri sendiri dengan barang-barang yang lo sukai atau lakukan kegiatan-kegiatan yang juga lo sukai. Dengan memberi reward pada diri sendiri, hal ini akan memacu lo untuk membuat niat-niat yang lainnya, menyelesaikan target yang sebelumnya dan tentunya bersyukur.
 
Jadi, itu adalah tujuh tips yang kiranya bisa jadi penyemangat lo untuk mengganti kata resolusi menjadi intention di tahun 2017 ini. Tapi, mau apapun itu bentuknya, resolusi ataupun niat, semuanya kembali lagi sama diri sendiri. Kalau lo ingin melakukan perubahan, memperbaiki diri dan berbuat sesuatu yang notable dalam hidup, itu semua didasari dari motivasi dan perjuangan diri lo sendiri.  So, write it down dari sekarang dan siap-siap untuk menjadi versi diri lo yang lebih hebat di tahun 2017!

Loading…