AXE House • Detail | Article

6 Tips Rambut Tetap Sehat Selama Puasa

Memasuki minggu-minggu terakhir bulan puasa, semoga ibadah lo berjalan lancar! Apakah lo udah mulai menghadapi masalah kesehatan dan rambut? Sebelum permasalahan rambut datang mengganggumu, yuk simak do’s and don’ts -nya berikut ini supaya rambut lo tetap anteng selama puasa.

Banyak Minum Air Putih

(Foto: Shutterstock)

Ini formula mujarab yang sebenarnya bukan hanya bakal baik untuk rambut, tetapi kondisi tubuh secara keseluruhan selama bulan puasa. Jangan lupa dengan formula 2+4+2 (2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur tidur, 2 gelas saat sahur), sehingga lo bisa terhindar dari dehidrasi. Penyerapan energi dari asupan makanan pun bisa terjaga.

Pastikan Gizi Tercukupi

(Foto: Shutterstock)

Jangan cuma modal porsi nasi putih yang “menggunung” saat lo makan malam atau sahur, tapi kandungan lauk dan sayur pendampingnya yang perlu lo jaga sehingga rambut bisa tetap sehat.  Konsumsi makanan seperti ayam, ikan, brokoli yang mengandung berbagai vitamin. Jangan lupa juga mengonsumsi buah sehingga gizi makin terjamin.

Jangan Kurangin Jatah Keramas

(Foto: Shutterstock)

Mungkin lo berasumsi bahwa rambut bakal ikutan kering karena cairan tubuh berkurang selama puasa, sehingga kalau keseringan keramas, rambut bakal jadi lebih kering. Soal cairan tubuh, lo bisa jadi benar. Tapi soal mengurangi jatah keramas? Big no! Keramas gak rutin bisa bikin kulit kepala kering dan rambut lo akan tetap kotor, karena penumpukkan debu dan kotoran. Lewat keramaslah rambut akan bersih kembali. Jadi, tetap keramas secara teratur ya.

Jangan Cuma Andalkan Keramas

(Foto: Shutterstock)

Selain keramas secara teratur, lo juga bisa menjaga kesehatan rambut dengan berbagai produk seperti vitamin rambut dan conditioner yang bisa membantu menutrisi dan melapisi keratin rambut. Gunakan salah satu dari produk ini setiap habis keramas saat rambut masih relatif basah.

Pakailah Topi

(Foto: Shutterstock)

Kalau aktivitas lo banyak di outdoor, topi bisa jadi langkah tepat untuk melindungi rambut dan kulit kepala. Tentu saja lo harus pakai topi yang tetap longgar sehingga sirkulasi udara yang masuk ke dalam topi tetap terjaga.

Jangan Keseringan di Ruangan AC

(Foto: Shutterstock)

Iya sih, namanya lagi puasa, lo pasti lebih memilih ruangan yang dingin. Tapi terlalu lama di ruang berpendingin bisa jadi penyebab kulit kepala kering. Jadi, lo harus punya “alarm” sendiri nih, untuk sekali-sekali bisa keluar dari ruangan itu sehingga rambut dan kulit kepala bisa “bernafas” sejenak.

Rambut dan kulit kepala yang sehat bisa membuat lo lebih percaya diri, loh. Insiden garuk-garuk kepala lagi karena rambut super gatel saat berhadapan sama cewek atau bos lo tentu bisa dihindari. Ya, gak?

Loading…