AXE House • Detail | Article
Culture

6 Film Klasik Indonesia Yang Wajib Lo Tonton

By 18 May 2017

6 Film Klasik Indonesia Yang Wajib Lo Tonton
Banyak orang yang suka mengisi waktu luang dengan menonton film. Ada yang nonton untuk sekedar refreshing, ada juga yang emang suka ngulik soal film untuk di-review atau dijadiin bahan untuk menghibur diri. Kalau lo salah satu dari orang-orang itu, artikel ini wajib lo baca sampai habis. Karena dengan banyaknya film barat yang mendominasi di tanah air, pasti lo lupa, kan, bahwa Indonesia punya banyak banget film klasik yang berkualitas? Ini dia beberapa film klasik Indonesia yang wajib lo tonton.
 
1. Catatan Si Boy (1987)

Siapa sih yang enggak tau film ini? Catatan Si Boy awalnya muncul sebagai radio drama yang tayang di Prambors pada tahun 1980-an. Saking menariknya, drama ini diadaptasi menjadi film dengan mengangkat Onky Alexander sebagai pemeran utamanya. Film ini mengangkat kisah si Boy, laki-laki idaman semua wanita, dan kehidupan remaja Indonesia pada eranya. Film legendaris yang sangat sukses dan berbeda pada masanya ini langsung diikuti dengan 5 sekuel TV yang juga enggak kalah keren.
 
2. Gita Cita Dari SMA (1979)

 
Mungkin film ini akan lebih akrab dikenal dengan sebutan “Galih & Ratna”. Gita Cita Dari SMA sering juga disebut-sebut sebagai film romantis paling melegenda yang menceritakan tentang kisah cinta Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessi Gusman). Mengangkat cinta berbasis perbedaan status sosial, film ini disukai oleh banyak banget orang dan baru saja di remake pada awal tahun 2017 menjadi ‘Galih & Ratna’. 

3. Ada Apa Dengan Cinta (2002)


Kalau tahun 1980-an punya Rano Karno dan Yessi Gusman, era tahun 2000an sepenuhnya dikuasai oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra. Enggak hanya mengangkat kisah 5 sahabat sejak SMA yaitu Cinta, Karmen, Maura, Alya dan Milly, AADC juga terkenal karena kisah cinta peculiar milik Cinta dan Rangga, terutama kissing scene mereka di bandara. Film ini sukses menjadi penggagas dramatisme pertemuan dan perpisahan di bandara serta berhasil pula menceritakan kisah cinta masa SMA setelah berganti dari era “Gita Cinta dari SMA”.
 
4. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)


Sekarang kita berpaling ke film biografi yang enggak kalah menarik dari film romantis legendaris. Fim “Soekarno: Indonesia Merdeka” sepenuhnya bercerita tentang kehidupan presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno. Mulai dari kisah cinta sampai perjuangannya membawa Indonesia menuju kemerdekaan, semua dibongkar tuntas melalui film ini. Kalau lo sempet nonton film ini di bioskop, lo bakal dapetin feel-nya karena salah satu gimmick dari film ini adalah mengajak penonton untuk berdiri, meletakkan tangan di dada dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum film akhirnya diputar.
 
5. Tiga Dara (1956)

 
Ini juga salah satu film legendaris yang enggak boleh lo lewatkan. Tiga Dara bercerita tentang kisah 3 saudari yang masing-masing punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. Ditambah lagi dengan kehadiran 2 pria di kehidupan mereka bertiga yang mewarnai seisi film. Menyinggung masalah keluarga dan cinta, Tiga Dara cocok banget buat ngisi waktu luang lo karena sangat-sangat menyenangkan untuk ditonton. Bukan cuma drama, film ini juga dilengkapi dengan unsur komedi bahkan musikal.
 
6. Ratu Ilmu Hitam (1981)

 
Nah, last but not least adalah film legendaris yang dimainkan oleh Suzanna. Kita berpaling sejenak dari film romantis dan historikal, karena Indonesia dikenal dengan film horror-nya yang juga melegenda. Film Suzanna yang berjudul “Ratu Ilmu Hitam” ini sering banget diingat-ingat sama generasi sekarang sebagai film horror berbasis ilmu hitam yang bikin tegang banget. Lo belom bisa dibilang penikmat film horror kalau belum nonton film ini.
 
Itu dia 6 dari banyak banget film klasik dalam negeri yang wajib lo tonton. Ketika ada waktu kosong, coba deh browsing atau kalau memungkinkan cari VCD orisinil-nya untuk nonton film-film di atas and fill your mind with the old, classical movies. Dijamin enggak kalah keren sama film barat yang lagi booming sekarang. 

you may also like

Culture

5 SKATEPARK KEREN DI INDONESIA

Culture

11 PENYANYI HIP HOP R&B YANG SABI…

Culture

5 ONLINE PLATFORMS TO COMPILE YOUR PORTFOLIO