AXE House • Detail | Article

5 Tips Buat Lo Yang Ingin Koleksi Vinyl

Ketika dunia semakin hingar-bingar, mulai banyak orang yang kembali ke jati diri. Termasuk dalam hal koleksi musik. Saat musik-musik digital begitu merajalela, terutama dengan format .mp3 yang bisa didapatkan dimana-mana, cowok berkelas lebih memilih untuk kembali mengkoleksi Vinyl, media rekaman yang sempat populer di tahun 60an, sebelum pita kaset akhirnya mengambil alih dunia.
Saat ini, ada banyak tempat yang bisa membantu lo melengkapi koleksi vinyl. Mulai dari toko, hingga transaksi perorangan. Namun sebelum membeli vinyl, ada beberapa catatan yang harus lo ketahui.

Kenapa Harus Membeli Vinyl?
Faktor pertama adalah karena lo adalah seorang audiophile, seorang penggila dari suara-suara yang dihasilkan oleh rekaman analog. Faktor kedua, karena lo memang suka ngumpulin vinyl. Tapi lebih daripada itu, rekaman vinyl itu lebih indah dan mendetail daripada CD. Selain itu, vinyl juga punya cara yang lebih sentimental untuk sebuah koleksi musik. Banyak orang punya koleksi vinyl dan menyimpannya dengan sangat hati-hati, dan kemudian lebih memilih untuk mendengarkan lagu-lagu dari iPod atau music player lainnya.

Apakah Memiliki Vinyl itu Menguntungkan?
Namanya benda koleksi, tentu saja menguntungkan. Lo bisa menyimpan koleksi vinyl dan menjaganya dengan sangat rapi dan hati-hati. Mungkin dalam 20-30 tahun ke depan, lo bisa menawarkan koleksi itu kepada orang lain dengan harga berlipat. Apalagi kalau vinyl tersebut adalah rekaman yang punya catatan sejarah tersendiri sehingga banyak orang menginginkannya.
Bandingkan dengan musik digital, seperti Audio CD atau file mp3. Nggak mungkin lo bisa menjualnya kembali di masa mendatang, Bro. Kebanyakan darinya hanya akan mengisi rak CD atau Desktop PC di rumah lo. Tanpa bisa berbuat lebih banyak daripada vinyl.

Tempat yang Tepat Buat Beli Vinyl
Saat ini, vinyl kembali ramai diperjualbelikan di online shop. Coba saja lo kunjungi Amazon, Insound, Amoeba, Other Music, GEMM, Turntable Lab, atau beli langsung di website resmi dari artis-artis yang lo cari. Selain itu, biasanya jual-beli vinyl juga terjadi di komunitas-komunitas pecinta rekaman vinyl.
Cara lain adalah ikut lelang online di eBay, walaupun ada kemungkinan lo kalah dan gagal mendapatkan vinyl tersebut. Harganya mungkin lebih murah, tapi saingannya juga lebih banyak, Bro.

Cara Menyimpan Koleksi Vinyl
Selalu simpan koleksi vinyl lo di tempat dengan temperatur sedang dan kering. Jangan simpan dalam posisi tidur. Selalu rapikan koleksi lo dengan posisi berdiri. Kalau lo tumpuk, bisa-bisa merusak kualitas barang dan suara dari vinyl lo. Sayang kan?

Cara Membersihkan Vinyl
Selalu pastikan bahwa vinyl lo dalam keadaan bersih dan bebas dari debu. Ada banyak produk di pasaran yang dikhususkan buat menjaga kebersihan vinyl. Selain itu, lo juga bisa membeli sebuah sikat khusus vinyl dengan handuk lembut atau berbagai produk pembersih yang nggak akan memberi efek negative pada plastik.

Punya koleksi rekaman vinyl itu memang terasa lebih membanggakan. Selain kemasan dengan nilai seni yang sangat menarik dan bisa dinikmati dengan berlama-lama melihatnya, orang lain tentunya juga bakal angkat jempol buat lo. Bahkan, mereka bisa saja terinspirasi dan ikutan mengkoleksi vinyl. Walaupun termasuk barang klasik, tapi sampai kapanpun vinyl nggak bakal ada matinya, Bro.

Loading…