AXE House • Detail | Article

5 Cara Memakai Dasi untuk Acara Formal

Beda acara, beda pula cara memakai dasi. Untuk acara formal seperti pertemuan bisnis sampai resepsi pernikahan, tentu berbeda dengan di acara yang lebih santai seperti pesta ulang tahun sahabat. Coba intip rambu-rambu memakai dasi untuk acara resmi ini.

Pilih tipe simpul yang tepat

Pelajari teknik menyimpul dari tutorial youtube. (Foto: Shutterstock)

Ada banyak cara menyimpulkan dasi yang bisa lo googling. Masing-masing simpul itu bisa lo sesuaikan dengan tipe acara yang akan lo hadiri. Simpul Half Windsor dan Four in Hand misalnya, lebih cocok untuk acara yang non formal, sementara simpul Full Windsor cenderung untuk suasana yang lebih formal.

Sesuaikan ukuran simpul dan lebar dasi

Sesuaikan dengan ukuran kerah. (Foto: Shutterstock)

Jangan hanya berhenti dengan memilih bentuk simpul yang cocok. Ukuran simpulnya juga harus disesuaikan dengan ukuran kerah. Membuat simpul yang lebih besar dari ukuran kerah is a big no. Sementara urusan lebar dasi ini berkaitan dengan bentuk badan lo. Kalau lo punya badan yang relatif kurus, jangan pilih dasi yang terlalu lebar, begitu pun sebaliknya. 

Tentukan warna dan motif

Pilih warna terang atau gelap? (Foto: Shutterstock)

Di acara resmi yang cenderung penuh dengan suasana yang cukup serius, penampilan lo tentu harus “aman” alias jangan nyeleneh. Untuk itu, sebisa mungkin cari warna dasi yang lebih gelap dari warna kemeja yang dipakai sehingga lo tetap terlihat rapi. Dasi bermotif tidak dilarang, namun kalau bisa hindari warna yang terlalu kontras dengan pakaian lo, atau memiliki terlalu banyak warna.

Sesuaikan panjang dasi

Panjang dasi wajib jadi pertimbangan. (Foto: Shuttterstock)

Hal ini sering terlewatkan dalam cara memakai dasi, padahal tak kalah penting loh. Misalnya saja, sisa dasi di bagian belakang harus dimasukkan dalam potongan kain penahan yang ada di belakang dasi, sehingga kerapihan dasi tetap terjaga. Panjang dasi juga jangan sampai melebihi ikat pinggang sehingga lo tetap tampil keren.

Sempurnakan penampilan
Kemeja atau jas yang sudah dihiasi dasi harus disempurnakan dengan kondisi tubuh yang prima. Mandi dan gunakan parfum supaya penampilan lo bisa makin perfect. Bau cokelat dari AXE Dark Temptation Body Wash misalnya, sangat cocok untuk wewangian di acara formal. Kalau mau wangi yang lebih tahan lama, tentu body spray AXE Gold Temptation yang memiliki aroma kemewahan dapat jadi pilihan lo. Mantap!

Gimana? Sudah makin pede dong untuk memakai dasi di acara formal?

Loading…