AXE House • Detail | Article

5 Album Dewa 19 Paling Legend

Musisi Ahmad Dhani kini mungkin terkenal karena kiprahnya di dunia politik. Namun tidak ada yang bisa menyangkal jika dalam urusan musik, jiwanya sangat “liar” dalam berkarya sehingga bisa membesarkan Dewa 19. Bersama personil (maupun mantan personil) band lainnya seperti Andra Ramadhan, Ari Lasso, hingga Once Mekel, Dewa menjadi super band Indonesia yang melahirkan album-album yang legend. Kenalan yuk sama beberapa favorit AXE!

Dewa 19

Kalau tidak ada album perdana ini, nama Dewa 19 mungkin tak akan bisa sebesar sekarang. Lagu ‘Kangen‘ menjadi penyelamat kisah nekat anak-anak Surabaya yang hijrah ke Jakarta pada era 90-an. Mengambil jenis rock ballad yang sedang mewabah saat itu, Kangen melesat menjadi lagu evergreen yang rasanya bakal tetap dinyanyikan hingga anak-cucu kita saat nongkrong bermain gitar bersama teman-temannya.

Terbaik-Terbaik

Mendengarkan album ketiga Dewa 19 ini dari awal sampai selesai, seperti menikmati perjalanan pengaruh musik dari satu genre ke genre lainnya. Mulai dari Cukup Siti Nurbaya yang menyajikan unsur rock kental macam Van Halen, kemudian dilanjutkan ‘Satu Hati yang melankolis‘, ‘Cinta Kan Membawamu Kembali‘ yang minimalis (namun super menyayat hati), hingga track ‘Jangan Pernah Mencoba‘ yang mengingatkan pada melodi ala Brian May, gitaris Queen.

Pandawa Lima

Album paling nyeleneh dari Dewa 19, namun sekaligus pantas untuk selalu dikenang. Dhani dan kawan-kawan seperti ingin keluar pakem dengan lebih banyak memasukkan unsur jazz. Album ini juga seperti ingin mengakomodir kehadiran personil baru saat itu Aksan Sjuman, drummer yang memang mempunyai background jazz. Maka meluncurlah tembang semacam ‘Kirana‘ dan ‘Aku Disini Untukmu‘ yang mungkin menjadi “aneh” bagi sebagian penggemarnya.

Bintang Lima

‘Biang keladi‘ adalah lagu yang memulai debat tanpa henti antara siapa vokalis yang lebih baik: Ari Lasso atau Once Mekel? Kehadiran Once memang menjadi sentral di album kelima band ini yang rilis di tahun 2000. Karakter suaranya yang memang berbeda dengan Ari membuat penggemar setia harus terlebih dahulu beradaptasi. Namun bukan berarti kualitas aneka lagu di album ini menurun. Banyak lagu yang mengemuka dari album ini, mulai dari lagu putus cinta Risalah Hati, sampai ‘Cemburu‘ yang jenaka.

Cintailah Cinta

Selain Kangen, apa lagu evergreen Dewa 19 lainnya? Lagu ‘Pupus‘ bisa jadi ada di urutan kedua. Di album yang rilis pada 2002 inilah lagu ini berada. Pupus membawa syarat lengkap untuk menjadi lagu sepanjang masa. Refrain yang catchy, lirik yang jleb bagi orang yang sedang patah hati, hingga melodi gitar Andra di akhir lagu yang kini banyak menjadi pilihan lagu cover para musisi di Youtube.

 Album favorit Dewa 19 lo sendiri apa? Kami paham kalau agak susah menjawabnya, karena di setiap album lo mungkin punya lagu favorit. Apalagi jika lo seorang Baladewa, fans berat Dewa 19. Setuju?

Loading…