AXE House • Detail | Article

15 Gadgets Keren Yang Keluar di Tahun 2016

Sebagai cowo Axe, update sama teknologi itu wajib. Technology has been a great part in our life dan banyak hal positif yang membuat kita sangat bergantung sama teknologi. Smartphone, smartwatch, tablet, kamera, dan laptop adalah beberapa gadgets yang umum kita pakai sehari-hari dan rasanya udah biasa banget.
 
Tapi, berikut ini ada lima belas gadgets yang keren yang keluar di tahun 2016 dan beberapa diantaranya enggak biasa. Kecanggihan gadget-gadget ini lebih dari yang kita pakai sekarang dan beberapa diantaranya adalah terobosan di bidangnya.
 
1. 4K Mirrorless Cameras 



Yup, kamera-kamera mirrorless ini membuat pengguna DSLR banyak beralih. Dengan bodynya yang kecil , kamera mirrorless punya kemampuan yang enggak kalah sama DSLR, bahkan mungkin lebih. Produsen-produsen kamera besar seperti Fujifilm, Sony dan Panasonic berlomba-lomba di tahun 2016 untuk mengeluarkan kamera-kamera canggih dengan kemampuan merekam video dengan resolusi 4K.
 
Enggak cuma 4K, kamera-kamera ini dibekali resolusi yang tinggi banget. Mulai dari 20 MP sampai 42 MP. Ada Sony A7S II yang fenomenal dengan kecanggihan sistem ISO nya, A7R II yang enggak cuma punya kemampuan merekam video 4K, tapi juga punya sensor full frame dengan resolusi 42.4 MP. Selain Sony, ada juga Fuji X-T2 yang baru keluar di akhir tahun 2016 ini dengan kemampuan 4K-nya, Panasonic Lumix GX80/GX85 dan Panasonic GH4, semuanya dengan ukuran yang bisa dimasukkan ke kantong dan cukup canggih baik buat lo sebagai pemula ataupun profesional yang sudah lama terjun ke dalam industri.
 
2. Google Pixel 



Ini jawaban Google atas rilisnya iPhone 7. Sekilas, Google Pixel ini mirip dengan kompetitor utamanya iPhone 7, mulai dari desainnya yang thin and sleek sampai harganya yang relatif mirip. Tapi, Google Pixel diklaim punya kelebihan-kelebihan yang lebih dari iPhone 7.
 
Meskipun resolusi kameranya tidak terlalu besar, cuma 12.3 MP, kamera Google Pixel diklaim sebagai salah satu yang terbaik saat ini. Dengan kemampuan HDR+ dan kemampuan rekam video 4K, kamera Pixel juga dikatakan tidak ada shutter lag sama sekali. Selain itu yang impresif adalah ketahanan baterainya. Dikatakan hanya dengan mengisi baterai 15 menit, baterai bisa tahan selama 7 jam.
 
Selain fitur-fitur impresif itu ada juga Google Assistant, Siri versi Google, ponsel yang pengoperasiannya tanpa lag dengan bantuan Snapdragon 821 dan RAM 4 GB, dan penyimpanan unlimited dengan Google Photos dan cloud service. Untuk penggemar Apple, coba buka mata, hati dan telinga untuk produk yang satu ini, atau silahkan bandingkan nanti saat iPhone 7S rilis di tanah air.
 
3. Rimowa Electronic Tag Suitcases 


 
Pada dasarnya sebuah koper dengan electronic tag display yang canggih. Kalau lo adalah tipe orang yang mobilitasnya tinggi dan catch up sama latest technology, fitur e-tag ini akan membantu lo mempermudah check-in bagasi di airport dengan mudah. Rimowa Electronic Tag punya aplikasinya sendiri yang bisa terkoneksi dengan sistem check-in maskapai penerbangan.
 
Darimanapun, cuma dengan smartphone lo, check-in bisa dilakukan dan yang harus lo lakukan pas datang ke airport cuma kasih koper lo yang akan langsung diproses tanpa perlu antri berlama-lama. Semua data bagasi penerbangan lo akan langsung masuk ke sistem melalui Bluetooth.
 
4. Electric Skateboards 


 
Kalau lo penggemar vlog nya Casey Neistat, pasti lo aware dengan gadget yang satu ini. Yup, skateboard dengan motor elektrik ini punya kecepatan maksimal yang bisa dibilang cukup cepat. Contohnya Mellow Drive dan Marble Board yang kecepatan maksimumnya 25 mil per jam atau 40 km per jam.
 
Body skateboard elektrik ini pun rata-rata ringan dengan salah satu yang paling ringan, Stary Board dengan berat 4kg. Jarak tempuh dengan kapasitas full battery-nya juga cukup jauh. Seperti Z Board  2 Blue dengan jarak tempuh 25.7km dan Inboard M1 dengan 16.1 km. Skateboard elektrik ini sangat menyenangkan saat digunakan, terutama kalau lo lagi strolling around di taman atau cruising lewat pinggir jalan raya menuju kantor.
 
5. Microsoft’s Surface Products 


 
Merupakan salah satu upaya Microsoft untuk melawan Apple dengan jajaran komputer dan tablet canggihnya. Microsoft Surface ini punya beberapa tipe produk seperti Surface Book sebagai produk ultrabook Microsoft, kemudian Surface Studio dengan konsep high-end all-in-one PC, Surface Pro 4 sebagai tablet, dan salah satu yang paling keren Surface Hub.
 
Dengan spesifikasi gila-gilaan seperti RAM 32GB dan 4GB Graphic Card dari NVIDIA di Surface Studio, kemudian layar detachable dengan stylus dengan 1TB SSD dan ketahanan baterai 16 jam di Surface Book, tablet dengan RAM 16GB yang disandingi kapasitas penyimpanan 1TB yang dimiliki Surface Pro 4, juga Surface Hub, sebuah komputer raksasa dengan layar LED besar ukuran 55 inch - 84 inch yang punya spesifikasi tinggi seperti 4th Generation Intel Core i5 Processor, 8GB RAM, dan 128GB SSD Storage ini, Microsoft kelihatan benar-benar ingin menyaingi Apple dan mungkin lo harus mulai menengok produk – produk dari monster company ini.
 
6. 2016 MacBook Pro 


 
Buat lo Apple fan, pasti ini salah satu gadget terkeren 2016 yang kalian tunggu-tunggu. Apple baru saja mengeluarkan MacBook Pro terbaru dengan lompatan teknologi yang cukup signifikan dengan MacBook Pro sebelumnya. Salah satu highlightnya adalah Touch Bar dan Touch ID di atas keyboard yang bisa dipakai buat geser foto, edit video, mengetik, pasang emoji dan browsing Internet.
 
Dengan MacOS Sierra, ada beberapa upgrade yang diberikan Apple buat MacBook Pro ter-anyarnya ini. Mulai dari kapasitas baterai 10 jam, Retina Display yang semakin terang dan jernih, audio yang lebih jelas dan keras, keyboard yang lebih responsif dan trackpad yang lebih besar. Salah satu terobosan yang keren dari Apple.
 
7. Tesla Autopilot 


 
Tesla, salah satu brand otomotif yang paling visioner. Salah satu pelopor mobil elektrik, Tesla juga punya sistem autopilot atau autonomous driving yang canggih. Tidak seperti Ford atau Mercedes Benz yang baru bisa memarkirkan mobil secara otomatis, sistem dari Tesla ini bisa dipakai untuk menyetir layaknya sebuah mobil normal.
 
Dengan bantuan sensor, kamera 360 derajat dan GPS, sistem komputer Tesla Vision akan memegang kendali mobil secara otomatis. Pengemudi benar-benar bisa berpangku tangan di belakang setir. Mobil akan punya kemampuan untuk jalan, mengerem, berhenti, pindah jalur, mengenali ruas dan kontur jalan, parkir, masuk ke garasi rumah, bahkan berpindah dari satu jalan bebas hambatan ke jalan bebas hambatan lainnya semuanya tanpa perintah manusia.
 
8. Sony PS-HX500 Turntable 


 
Buat lo pecinta musik terutama dengan media vinyl, Sony PS-HX500 mungkin salah satu pemutar vinyl tercanggih saat ini. Dengan high resolution audio quality, vinyl yang lo mainkan bisa diubah dalam bentuk digital dengan mengkoneksi Sony PS-HX500 ke PC via USB. Dengan A/D Converter Cable, lagu-lagu dalam vinyl bisa direkam dan masuk ke dalam PC kalian dengan format DSD dan WAV.
 
9. Noke Locks 


 
Merupakan gembok pintar yang keren dan canggih. Terkoneksi dengan Bluetooth 4.0, gembok Noke (dibaca: no-key) bisa dibuka dan ditutup kapan saja dan saat lo dekat dengan posisi gembok atau bahkan dimana saja dari aplikasi yang tersedia di smartphone. Bentuknya pun beragam mulai dari padlock untuk pintu gerbang atau U-lock untuk sepeda.
 
Dari aplikasinya kita bisa share dengan pengguna lain supaya mereka bisa buka kuncinya, kita bisa lihat siapa saja yang pernah buka gemboknya dan kita bisa lihat lokasi gemboknya. Kelebihan lain adalah baterai yang bisa diisi ulang dan tahan lama, material yang super kuat, dan tahan dalam berbagai keadaan cuaca ekstrim sekalipun. Lo juga enggak perlu bingung kalau ternyata baterai smartphone lo habis, teknologi Noke bisa dibilang cukup sempurna dalam menjamin keamanan penguncian barang-barang lo.
 
10. Drones
 


Meningkatnya kepopuleran aerial photography/videography menjadikan drone salah satu gadget yang paling diminati di tahun 2016. Produsen pun banyak yang mengeluarkan produk-produk drone yang berspesifikasi tinggi dan canggih. Dengan kualitas perekaman video mulai dari 720p sampai 4K dan resolusi 12MP keatas, drone juga enggak cuma menjadi gadget untuk aerial photography. Sudah banyak kompetisi profesional dan internasional untuk perlombaan drone, ya, balapan drone dengan kecepatan tinggi akan memicu adrenalin lo untuk terus mengulik drone usungan produsen agar siap melakukan manuver dan meningkatkan laju kecepatan di dalam trek.
 
Drone modern untuk aerial photgraphy/videography, contohnya DJI Mavic Pro, dengan berat 700 gram, drone ini merupakan salah satu yang paling ringan. Selain itu drone high-end masa kini juga punya fitur automated flight yang bisa diatur dengan format return-to-home, orbit, waypoint, dan follow yang bisa meminimalisir risiko kehilangan drone. DJI Phantom 4, Yuneec Typhoon H Pro dan DJI Phantom 3 4K adalah beberapa drone spesifikasi tinggi yang keren dan bisa cocok dipakai dalam aerial photography/videography.
 
11. Smart Watches  


 
Sejak Apple mengeluarkan Apple Watch, Smart Watch jadi salah satu gadget yang populer dipakai banyak orang. Produsen besar lainnya seperti Samsung, Sony, Huawei, Motorola, bahkan Fossil dan Tag Heuer juga punya smart watchnya sendiri.
 
Lengkap dengan GPS untuk fitur aplikasi olah raga, ketahanan baterai yang lebih dari tujuh hari, konektivitas LTE, NFC, kemampuan memutar musik dan kemampuan water resistant yang ada pada alat yang melingkar di pergelangan tangan ini menjadikan smart watch produk yang cukup inovatif dan booming di tahun 2016.
 
12. Bluetooth Speakers  


 
Speaker praktis yang bisa dibawa kemana saja. Speaker Bluetooth sekarang ini mempunyai kemampuan yang semakin baik dan memiliki harga yang sangat kompetitif. Dengan berbagai pilihan desain yang elegan, sleek, modern, futuristik, vintage atau classic, setiap produsen punya produk yang diunggulkan.
 
Produk seperti Beats Pill+, Bose Soundlink Mini II dan Harman Kardon Onyx Studio 3 menawarkan speaker bluetooth dengan desain modern yang memiliki kualitas audio high-resolution. Ada juga Samsung Level Box yang enggak hanya punya konektivitas Bluetooth tapi juga NFC untuk memudahkan koneksi dengan smartphone. Bagi penggemar bentuk speaker yang retro dan classic, lo bisa lihat Marshall Killburn, lalu untuk speaker Bluetooth yang murah, ringkas, namun tetap punya kualitas suara bagus lo bisa cek JBL Clip 2, House of Marley Chant Mini dan Amazon Basics Nano Bluetooth Speaker.
 
13. Action Cams  


 
Pasar action cam dirajai GoPro terutama dengan rilisnya GoPro Hero 5 dan Hero 5 Black yang punya kemampuan merekam video 4K di dalam air dengan kualitas video ultra high definition. Begitu juga dengan fitur baru, voice command, layar 2 inch baru dan kemampuan tahan air sedalam 10 meter dan resolusi 12MP.
 
Meskipun begitu, selain GoPro ada beberapa action cam lain yang bisa bersaing seperti Sony FDR-X1000V, iSaw Edge, Garmin Virb XE dan TomTom Bandit yang semuanya punya kemampuan merekam video 4K, resolusi di atas 10MP, dan ketahanan baterai di atas dua jam.
 
14. Virtual Reality Headsets 


 
2016 juga merupakan tahun perkembangan Virtual Reality yang semakin banyak diproduksi oleh produsen-produsen besar elektronik. Teknologi virtual reality ini meningkatkan experience lo saat bermain games atau nonton film dengan 360 degree experience, serasa kita berada di dalam gamenya atau video yang sedang dimainkan atau diputar.
 
Untuk main games, ada Sony Playstation VR yang bisa dikoneksikan ke Playstation 4. Sementara itu, buat pengguna smartphone Samsung, Samsung Gear VR bisa digunakan untuk virtual reality experience hanya dengan smartphone. Sisanya seperti HTC Vive dan Oculus Rift yang bisa dipakai di semua PC dengan HDMI, USB 2.0, atau USB 3.0. Google pun juga tidak ketinggalan dengan virtual reality buatannya sendiri, Daydream VR yang kemudian disambungkan dengan headset Google Daydream View yang peruntukannya untuk mobile smartphone.
 
15. Garmin Varia Vision 


 
Disebut sebagai the Google Glass of cycling tapi berbeda dengan Google Glass yang sudah direcall dua kali, lensa ini dibuat khusus untuk pecinta sepeda. Lensa canggih dan futuristik ini bisa tampilkan informasi-informasi yang diperlukan pesepeda. Ada radar yang bisa memberikan peringatan buat pesepeda kalau ada mobil di belakang mereka, pengukur kecepatan dan jarak tempuh, serta notifikasi untuk telepon dan pesan singkat.
 
Terdapat touchpad yang bisa digunakan untuk berpindah dari satu layar ke layar lain, juga navigasi yang lengkap dengan nama jalan, panah penunjuk arah, dan jarak antar satu belokan dengan belokan berikutnya. Dengan ketahanan baterai selama delapan jam dan kemampuan water resistant, gadget ini salah satu yang terpopuler terutama diantara pesepeda. 

Loading…