AXE House • Detail | Article

11 Penyanyi Hip Hop R&B Yang Sabi di Era 90an

Musik Hip Hop & RnB sudah menjadi salah satu genre favorit bagi banyak orang apalagi bagi kalangan remaja. Semakin kesini, semakin banyak lagu bergenre Hip Hop & RnB yang variatif bukan hanya dari segi beat nya yang danceable banget, tetapi lirik rap yang dinyanyikan pelantunnya yang kreatif sehingga menjadi sorotan banyak orang. Di era 90an, tren Hip Hop & RnB juga enggak kalah viral nya seperti sekarang  baik dari segi fashion maupun segi musik. Dibawah ini adalah kumpulan penyanyi Hip Hop & RnB tahun 90an yang harus lo tau:

1. Iwa K  - Nombok Dong

Iwa Kusuma atau terkenal dengan panggilan Iwa K adalah salah satu pelantun musik RnB lokal yang jaya di era 90an.  Salah satu lagunya yang udah sering diputar adalah lagu “Nombok Dong!” yang merupakan salah satu track di album Kram Otak (1996). Lagu ini merupakan lagu Iwa K yang paling terkenal di masa jayanya. Kabarnya lagu Nombok Dong! di re-make ulang  dan bakal termasuk dalam mini album terbaru Iwa K yang berjudul Living In The Fast Lane.
 

2. Neo – Borju

Grup rap yang beranggotakan tiga orang personil yaitu Iraldy Erdihama, Aidil Putraa dan Indra Derryanoa pertama kali muncul ditahun 1999 dengan hits single dan album Borju yang pada saat itu berhasil dapet penghargaan AMI Awards. Selain lagu Borju yang menjadi salah satu lagu yang mesti lo dengar, Neo juga menggandeng Dewi Sandra untuk berkolaborasi dalam lagu Malam Ini. Bisa dibilang, NEO adalah grup rap yang konsisten dan produktif lewat karyanya di Indonesia sampai saat ini.

3. Boyz Got No Brain – Nyamuk

Boyz Got No Brain adalah grup rap yang enggak kalah terkenalnya di era 90an. Di lagu nya yang berjudul Nyamuk ini merupakan lagu dengan sedikit ketukan dub yang di balut dengan beat bergaya  Hip Hop 90an dan verse dengan pemilihan diksi yg agak “wild” membuat lagu ini menjadi salah satu lagu RnB favorit di album kompilasi Pesta Rap.
 
4. Blake – Bosan

Lagu RnB 90an lainnya yang bakal mengajak lo bernostalgia adalah lagu Bosan yang dinyanyikan oleh Blake. Terkenal di era 90an, lagu ini juga merupakan salah satu lagu yang ada di album kompilasi Pesta Rap ditahun 1995. Dengan lirik yang enggak terlalu sulit dimengerti, lagu ini bercerita tentang kegelisahan remaja yang sedang enggak ada sesuatu untuk dikerjakan. Flow lagu Bosan juga dapat dibilang gampang dicerna bagi pendengar baru musik Hip Hop & RnB lokal ditahun 90an.


5. Sweet Martabak – Tididit

Bagi lo para fans musik RnB tahun 90an pasti udah ga asing lagi sama grup rap Sweet Martabak. Di masa kejayaannya, lagu Tididit terkenal dengan irama gaya 90an nya yang danceable dan ga kalah asik sama lagu RnB sekarang.


6. Black Skin - Cewek Matre

Salah satu legendaris RnB 90an yang mesti lo tau adalah Black Skin, yaitu grup rap yang beranggotakan salah satu personel Sweet Martabak sekarang, yaitu Raymond.  Lagu mereka yang berjudul Cewek Matre juga enggak kalah eksis di era kejayaan mereka. Lagu ini membuat album kompilasi rapper Indonesia yang berjudul Pesta Rap berhasil terkenal dan laku dipasaran.


7.  The Notorious B.I.G – Hypnotize

Lagu Hypnotize berhasil dipopulerkan oleh rapper asal Amerika yang sangat fenomenal ditahun 90an yaitu The Notorious B.I.G. Lagu yang dirilis pada tahun 1997 ini juga merupakan single pertama The Notorious B.I.G di album pertamanya Life After Death. Enggak lama setelah perilisan, Hypnotize berhasil menduduki posisi ke-2 dalam Billboard Hot 100 tahun 1997.
 
8. Wu Tang Clan - C.R.E.A.M

Lagu yang rilis di tahun 1993 ini berhasil dipopulerkan oleh salah satu rapper legendaris asal Amerika, yang enggak asing lagi buat didengar yaitu Wu Tang Clan. Lagu C.R.E.A.M merupakan salah satu keberhasilan Wu Tang Clan dengan meraih posisi ke 60 dari Billboard Top 100 di masa itu. Enggak cuma C.R.E.A.M, masih banyak lagi lagu dari Wu Tang Clan seperti Protect Ya Neck, dan Method Man yang wajib banget lo dengerin.
 
9. 2 Pac - All Eyes On Me

Tupac Shakur or also known as 2 Pac, merupakan rapper terkenal di tahun 90an yang sampai sekarang masih menjadi rapper favorit pencinta musik Hip Hop & RnB. Lagu yang juga mengisi album kedua 2 Pac berhasil meraih posisi pertama dalam Billboard 200 charts dan Top R&B/HipHop Album. Lagu lain yang enggak kalah eksis adalah How Do U Want It dan California Love yang bakal membawa kita bernostalgia dengan lagu RnB Amerika ditahun 90an.
 
10.  A Tribe Called Quest - We Got It From Here

Lagu We Got It From Here merupakan lagu dari album keenam yang dipopulerkan oleh A Tribe Called Quest, grup rap Amerika yang beranggotakan Q-Tip, Ali Shaheed Muhammad, dan Jarobi White. Lagu ini dirilis just after the death of Phife Dawg, salah satu member A Tribe Called Quest.
 
11. Usher - Nice & Slow

Lagu yang rilis ditahun 1998 merupakan salah satu yang dipopulerkan oleh penyanyi Hip Hop & RnB yang sampai sekarang masih eksis didengar yaitu Usher. Lagu Nice & Slow merupakan salah satu lagu yang cenderung lebih pelan dan dimana pada saat akhir 90an, belum banyak lagu RnB yang menggunakan beat lebih pelan.
So, lo harus tau perkembangan yang terjadi di industri musik internasional maupun lokal dalam setiap genre-nya. Buat lo yang merupakan die-hard fans dari musik Hip Hop & RnB, read the list above and hit the comment below to tell us what’s your favorite.

Loading…