AXE House • Detail | Article

10 Cara #CowoSabi Meningkatkan Fokus Saat Bekerja

Identik dengan performanya dalam berbisnis, #CowoSabi tentunya memiliki jiwa entrepreneurship yang patut dicontoh. Tapi jangan salah, #CowoSabi juga mengimplementasikan cara-cara jitu agar fokusnya enggak goyah ketika bekerja. Ini adalah 10 cara agar #CowoSabi bisa meningkatkan fokusnya saat bekerja:
 


1. Bangun Sifat Kompetitif Dalam Diri
Dengan menjadi kompetitif, kinerja lo pasti akan meningkat. Pilih benchmark yang sesuai dengan kemampuan lo, kemudian buatlah diri lo yakin bahwa lo bisa melampaui standar tersebut. Jangan tentukan standar yang segitu-segitu aja, be brave and take challenges! Semakin tinggi standar lo, semakin tinggi pula jiwa kompetitif yang akan membuat lo lebih semangat untuk bekerja semaksimal mungkin.
 

 
2. Tingkatkan Standar Diri Untuk Kualitas Tinggi
Ini hal penting yang harus dilakukan kalau lo sudah menentukan harus “berkompetisi” dengan siapa. Know your standard, kemudian tingkatkan. Kumpulkanlah keberanian dan usaha untuk menemui standar baru yang lebih tinggi and stick to that no matter what! Ingat, standar tinggi adalah awal dari hasil kualitas kerja yang tinggi juga.
 

 
3. Hargai Waktu yang Tersedia
Enggak hanya standar diri, standar waktu juga harus ditentukan. Satu hari 24 jam adalah waktu yang bisa lo manfaatkan dan lo atur se-efektif mungkin. Make yourself a deadline for every task dan prioritaskan pekerjaan sesuai kepentingannya. Jangan lupa gunakan waktu untuk menjalani hidup, seperti bergaul, beristirahat dan hal-hal di luar pekerjaan lainnya. Gunanya pengaturan waktu adalah supaya lo tau kapan lo harus segera fokus bekerja dan kapan lo bisa lepas dari kegiatan tersebut.
 

 
4. Gunakan Sticky Notes dan Kalendar
Lingkungan kerja yang terorganisasi tentunya bisa membantu lo untuk meningkatkan fokus ketika bekerja. Dengan adanya sticky notes sebagai reminder di depan mata lo atau kalendar di meja kerja/smartphone,  lo akan mejadi lebih terdorong dan tentunya lebih terorganisir. Write to-do-list atau reminder dan tempel di tempat yang selalu lo lihat, serta masukkan jadwal lo ke dalam kalendar agar enggak ada kegiatan yang terlupakan.
 

 
5. Avoid Distractions Sebisa Mungkin
Jangan biarkan konsentrasi lo goyah. Untuk menghindari hal tersebut, lo bisa mulai dari hal-hal simpel seperti meletakkan gadget lo jauh dari tempat bekerja (and make sure to put them on silent mode), menghindari membuka situs yang akan membawa lo keluar dari zona pekerjaan lo dan hindari ngobrol terlalu lama dengan rekan kerja. Sebisa mungkin hindari apapun jenis distraksi yang ada agar pekerjaan lo bisa cepat selesai dengan hasil yang maksimal.
 


6. Update Terus Menerus tentang Situasi Terkini
Apa gunanya kerja kalau enggak tahu apa-apa? Dunia informasi sudah sangat berkembang, luangkan waktu lo untuk update berita tentang situasi terkini di sektor apapun. Know what’s going on around you agar pekerjaan lo terbantu. Ingat, pengetahuan umum itu sangat penting terutama ketika lo bekerja di kalangan orang banyak atau di kategori pekerjaan yang perlu update tentang apa yang terjadi di sekitar lo.
 

 
7. Maintain Your Healthiness
Jangan lupa mulai hari lo dengan sarapan dan sediakan vitamin setiap harinya. Kalau perlu, pasang alarm di tiap jam makan (pagi, siang, malam) just in case lo terlalu terlarut dalam pekerjaan lo. Perut kosong akan berbuah ke kinerja minim. Don’t skip the meals dan hindari bergadang. Kalau enggak bisa tidur, coba minum susu atau teh hangat dan lakukan meditasi pernafasan yang simpel. Usaha semaksimal mungkin agar badan lo tetap fit dan seimbang.
 

 
8. Get Along with People
Kesibukan bukan alasan untuk jadi anti-sosial. Gunakan waktu luang atau akhir pekan lo untuk bergaul. Bertemulah dengan orang-orang baru yang masih sesuai dengan lingkup pekerjaan lo. Selain untuk menghibur di kala jenuh, bertemu orang baru juga bisa membantu lo nambah channel dan associates yang tentunya bisa berkontribusi di pekerjaan lo nanti. Make some new friends, the world is wide enough for you to find tons of them!
 

 
9. Review Pekerjaan Kalian Secara RutinKalau ada target, pasti ada realisasi. Secara rutin, kaji ulang pekerjaan lo supaya lo tau target mana saja yang tercapai dan mana yang tidak. Hal ini akan ngebantu lo untuk terus melakukan perkembangan kedepannya, dan tentunya akan sangat ngebantu lo untuk tracking pekerjaan lo sejauh ini. By knowing what you are good or bad at, lo akan lebih mudah menjalani setiap pekerjaan karena lo sudah mencatat kelebihan dan kekurangan lo selama melakukan hal tersebut. 
 

 
10. Be BusyLast but not least, keep yourself busy! Biarkan diri lo terus sibuk. Cicil pekerjaan lo se-efektif mungkin. Bergerak terus; buat janji sama orang-orang yang bisa menguntungkan lo. Dengan begini, lo akan bisa memaksimalkan jumlah pekerjaan yang bisa lo selesaikan dan pikiran lo juga akan terus fokus ke kegiatan tersebut.
 
Nah, ketika fokus lo mulai hilang, coba lakukan hal-hal di atas and make the best out of your work. Good luck!

Loading…